cryKecewa .....

Sebuah kondisi dimana kita tidak mendapatkan sesuatu yang kita harapkan.
Saya rasa semua orang pasti pernah kecewa, karena kondisi emosi seperti kecewa adalah hal yang sangat manusiawi.

Kenapa ada kecewa ... ?
Saat seorang punya harapan yang besar, atau saat orang merasa pasti dia akan mendapatkan sesuatu dan ternyata harapan dan kenyataan hasilnya sangat bertolak belakang. Yang pasti adalah kekecewaan adalah reaksi emosi yang berlawanan dengan senang atau gembira. Kadar kecewa pun sama tingginya dengan kadar kebahagiaan jika dia mendapatkan hal tersebut.

Akibat dari sebuah kekecewaan.
Reaksi setiap orang terhadap sebuah kekecewaan tidak sama (tentunya). Biasanya semakin dewasa seseorang maka dia akan semakin tenang saat menghadapi

kekecewaan. Shock di menit dan jam pertama tentunya wajar saat orang mendapat kekecewaan, tetapi tidak wajar apabila reaksi negatif ini terus menerus ada pada diri orang tersebut apalagi reaksi negatif nya semakin besar dan semakin besar.angry
Reaksi dari kekecewaan yang negatif adalah MARAH, dari yang marahnya diam dan tenang, bagai air di permukaan sangat tenang tetapi didalamnya bergejolak, dan ada juga yang marahnya sangat ekspresif dan destruktif.
Reaksi lain adalah cepat melakukan intropeksi dan cepat waspada akan reaksi negatif, sehingga biasanya hasil yang didapat menjadi lebih baik.

Pahami Masalahnya ...
Jika kita tahu apa masalah dari kekecewaan itu atau kita tahu akar permasalahannya, maka akibat dari kekecewaan bisa lebih mudah diatasi dengan kembali ke awal dan mencari jawaban yang lain (yang pernah salah) yang tentunya dengan berbagai pertimbangan untuk mendapat hasil yang kita inginkan.
Tetapi yang paling kacau adalah jika kita TIDAK TAHU akar permasalahan dari kekecewaan itu, atau kita tahu akar permasalahannya tetapi tetap melakukan hal yang sama dengan hasil yang sama dan mendapat lagi sebuah kekecewaan.
Wanita paling sulit memecahkan masalah ini karena kadang dalam memcari jawaban rasio emosi tetap lebih besar, sehingga hasilnya menjadi tidak lebih baik, tetapi sebenarnya bukan masalah gender, tetapi sisi melankolis setiap orang yang mempengaruhi cara berpikir setiap orang.

 

 ****  artikel masih bersambung ****