Koq saya engga setuju dengan kalimat "Hormatilah orang yang berpuasa" ...

Berpuasa adalah kepentingan saya sendiri karena itu adalah ibadah yang diperintah oleh Allah SWT, dan puasa itu tidak sekedar menahan lapar dan dahaga, tapi lebih luas dari itu.
Saya jadi heran kenapa Warung dan Resto harus di tutupi dengan kain dengan jargon "menghormati orang yang berpuasa". Orang yang tidak berpuasa jadi sungkan dengan kita yang berpuasa hanya karena ada klausul "hormatilah orang yang berpuasa".

Kenapa kalau orang berpuasa berusaha mengurangi kegiatannya ... ? lemas alasannya ..
Sedang Rasulullah tetap berpuasa saat berperang. Saya sering tersenyum dengan orang yang tiduurrr terus karena mendengar hadis "Tidurnya orang berpuasa adalah ibadah".
Akhirnya setelah shalat Dhuhur dia tidur di masjid sampai Ashar dan dilanjutkan sampai Magrib, padahal saat yang sama dia bisa melakukan sesuatu hal yang lain yang dapat mendapat nilai ibadah ..

Akhirnya karena kita terbiasa dengan pengkondisian itu, maka kita TIDAK TAHU maknanya menahan NAFSU yang sedang dilatih di bulan ramadhan.
Buka PUASA ngamuk dengan berbagai macam makanan, sehingga nilai MENAHAN DIRI tidak nampak di akhir waktu berpuasa. selama 29 atau 30 hari kita TIDAK TERLATIH menahan diri sehingga pada saat hari Raya maka KITA LEBIH NGAMUK LAGI dengan membeli sesuatu yang tidak perlu dan mubazir.

Allah MAHA TAHU kenapa kita diminta berpuasa ...