Cara ini adalah cara yang paling awal yang saya kenal. Ketika awal saya menggunakan cara ini, saya dapat menyelesaikan Rubik dalam waktu diatas 1 mnt sampai 2.5 mnt.

  1. Membuat Cross Putih
    Posisi awal adalah KUNING diatas.
    Berikutnya kita naikkan semua EDGE ( rubik 2 warna) dengan warna putih di atas sehingga membuat sisi atas ada cross putih dengan center kuning di tengah.

    Basic-01a

  2. Setelah itu cocokkan EDGE tadi agar sesuai dengan CENTER, misalnya EDGE Putih-Biru dengan CENTER Biru, kemudian pindahkan EDGE tadi ke BOTTOM dengan 2 putaran penuh sehingga warna PUTIH dari EDGE ada di bawah. Lakukan untuk 3 EDGE yang lain. 
    Basic-01b 

November 2009, saya menemani Sabar memberikan training PDMS ke teman-teman site.
Nah salah satu perserta saat makan siang asyik bermain rubik sehingga saya tergoda untuk bermain.
Akhirnya sampai saat ini saya pun masih mengolah kemampuan saya agar dapat bermain lebih cepat dan efisien.
Sekarang record saya (lucky) adalah 43” , sedangkan rata-rata kecepatatan saya adalah 50”, lumayanlah untuk orang tua.

Oke deh sekarang saya akan sedikit menguraikan teknik bermain rubik versi saya, walau sayapun mendapat penguasaan teknik kebanyakan dari buku dan internet. Tapi ada beberapa trik atau teknik yang saya dapatkan dari rekan saya Aminudin yang sangat efisien yang tidak ada di buku atau internet, sehingga bisa saya gabungkan nanti dalam penjabarannya.

Pengetahuan Dasar Ini adalah step pengerjaan dalam menyelesaikan RUBIK. Ada 4 step yang di analogikan dengan CFOP yaitu Cross - F2L - OLL dan PLL

rubik2