RendangPhoto

Nah .. anda tahu bahwa CNNgo.com mengatakan bahwa Rendang adalah masakan terlezat nomer 1 di dunia ( tahun 2011 ) ... ? dan masakan itu berasal dari Indonesia khususnya Sumatera Barat ?
Selain lezat, rendang adalah makanan yang tahan lama, bisa tahan seminggu di suhu ruangan dan tahan sampai 1 bulan jika di simpan di kulkas dan selalu dipanaskan setiap hari.

Selain daging rendang yang enak, bumbu hasil olahan rendangpun enak. Bunga biasanya cukup makan nasi putih dengan bumbu rendang bisa makan 2 piring.
Dengan berbagai kelebihan itu, maka kami menganggap bahwa rendang harus ada di meja makan kami karena unsur efisien sangat mudah dihidangkan saat mau berangkat kantor dan jadi menu lunch box kami.

Bumbu :

 

  1. Cabe Keriting
  2. Bawang Putih
  3. Bawang Merah
  4. Pala
  5. Serai
  6. Daun Kunyit
  7. Daun Salam
  8. Santan Kental dan Santan Cair

Cara memasaknya

  1. Bahan-bahan tadi di blender halus dan di tumis sampai harum dan kemudian masukkan daging, diaduk dalam api sedang.
  2. Masukkan santan cair hingga daging terendam dan masak terus dengan api sedang, di sini bisa dimasukkan kentang kecil yang bulat tanpa di kupas kulitnya
  3. Setelah kering, masukkan lagi santan kental dan terus dimasak sampai tertinggal hanya minyak santan saja.
  4. Jangan terlalu sering dagingnya di bolak-balik, karena bisa membuat daging pecah

Sebenarnya memasak rendang tidak terlalu sulit, tapi lamanya amit-amit, paling sedikit 2 jam kita masaknya, memang sepadan dengan hasil yang kita dapatkan sih ..
Ibu saya fanatik memasak dengan kelapa tua yang diparut, 3 kelapa untuk 1 kg daging, sebagian kelapa yang sudah diperas santannya dipakai sebagai ongsengan bumbu halus sehingga keluar minyaknya, tetapi saya sendiri suka yang praktis dengan menggunakan santan kara saja.

 

IMG_0619 IMG_0618 IMG_0622