Kali ini kami ke Bali tujuannya adalah menengok Nenek kami, Niyang Dewa Ayu Chandra, usia nya kurang lebih 90 thn
Ini adalah rumah leluhur kami di desa Pandak Gede, Tanah Lot Bali

Sanur
Mengingat saya lahir di Sanur, maka kami mencari penginapan di sana di tempat kelahiran dan tempat dahulu orang tua saya bekerja.
Di Bali Beach Hotel, sekarang namanya Inna Bali Beach Hotel.
Saya memperkenalkan pantai dimana saya belajar berenang, saya memberitahu Bunga dan ibunya, dimana aku selalu melihat sunrise dan mencari kerang

Pura Besakih
Perjalanan berikutnya adalah melihat Pura terbesar di Indonesia, yaitu Pura Besakih.
Pada dasarnya ini adalah tempat wisata yang paling menyebalkan, karena ketika kita masuk, kita sudah di todong parkir Rp 50.000,- , kemudian wajib menggunakan kain yang untuk bertiga bayarnya adalah Rp 150.000, kemudian untuk guide kita harus bayar Rp 100.000 dan diujung perjalanan masih minta tip, karena katanya uang Rp 100.000 itu untuk organisasi.
Dan terakhir yang paling-paling adalah pakai kembang di kuping harus bayar rp 5.000 satu kembang.

Tampak Siring
Beda dengan Besakih, Tampak Siring dengan tirta Empul nya memberikan gambaran yang sangat-sangat menyenangkan.
Kita disambut di gerbang dengan membayar karcis yang murah kenudian untuk memasuki daerah suci kita diberikan kain gratis dan guide gratis yang sangat antusias menerangkan sejarah Pemandian air suci Tampak Siring.
Toh ujung ujungnya kami juga memberikan tip untuk Pak Wayan, guide tertua disana yang sangat ramah dan sangat membantu memotret kita bersama

Bebek Tepi Sawah
Best of the best resto Bebek dimana disini juga dijual suasana benar benar sawah, dimana kita bisa main di pematang sawah yang sedang kuning menghijau.
Walau saya setuju ini adalah bebek goreng termahal di Indonesia, tapi sangat pantas dengan suasana yang kita dapatkan yang tentunya memerlukan perawatan yang tidak mudah.

Tanah Lot
Ini adalah acara pulang kampung, karena tanah lot adalah pura besar untuk kampung kami.
Kali ini saya masuk dari sisi dimana orang bermain surfing.