Lama sekali ingin mengabadikan sunrise dengan background Candi Borobudur dan baru sekarang tercapai.
Ada beberapa cara untuk menangkap sunrise ini, yaitu langsung dari candinya, dan lokasi yang berbeda adalah di Bukit Puthuk Setumbu.
Dengan pertimbangan persiapan yang ala kadarnya, saya pilih cara aman, dengan memilih memotret langsung di candinya ..

Pagi jam 4:00 , pak Surat, driver dari Losari Travel, sudah menjemput saya di penginapan, langsung meluncur ke Candi Borobudur melalui Manohara Hotel.
Ternyata sunrise di Candi Borobudur adalah salah satu dagangan hotel ini, dengan harga tiket untuk wisatawan domestik sebesar Rp 250.000,- yang saya rasa cukup mahal, membuat saya agak sedikit sebel. Tapi terus terang, harga ini terbayar dengan fasilitas coffe break dengan snack yang lumayan dan souvenir kecil dan yang pasti memotong jarak yang lumayan dari tempat parkir naik ke Candi.

Ternyata jam 4 pagi bukan hanya saya sendiri yang mengejar sunrise ini, ada sekitar 10 photographer yang sudah nangkring menunggu sunrise.
Ada orang Korea, Chille, Amerika, China dan India. Buset deh ....

Jam 5:45, mentari mulai nongol, tapi kita tetap harus menunggu hingga dia nongol dari tebing Gn, Merapi.
Mencoba dan berekperiment di waktu yang sangat sempit dari rentang golden time sunrise, aku tidak berhasil mendapat banyak variasi, tapi cukuplah ...

Keindahan yang tak terbayarkan dari ciptaan Allah SWT ada didepan mata kita, bersyukurlah, maka nikmat akan datang lebih banyak lagi.