Sport & Cultural Studies 2012

 

DSC01183 DSC01186

Kali ini Sport Meeting mempunyai bentuk yang berbeda.
Penekanan dengan konsep Budaya lebih di tonjolkan, diharapkan dengan itu para peserta dapat mengenal budaya lokal dengan lebih baik, dan jika memungkinkan dapat belajar budaya lokal.
Jangan heran jika dalam acara kali ini kita harus belajar tari piring dll, juga belajar menyanyi lagu Sumatera Barat

Banyak tempat yang kami kunjungi, antara lain Lembah Harau, Rumah Gadang di Sungai Beringin, melihat jam Gadang, sport aktifitas di Lawang Resort di Puncak Gn Tinjau Danau Maninjau

 

Berangkat dari Balikapan - Jakarta - Padang dan mendarat di Bandara Internasional Minangkabau dengan menggunakan Lion Airlines yang selalu telat, akhirnya kami tiba jam 3 sore di Padang. Selanjutnya dengan menggunakan Bus kita langsung ke Bukittinggi dengan singgah di Resto Lamun Ombak untuk makan siang yang kesiangan ...
Di Bukittinggi kami tinggal di Hotel Pusako, hotel Bintang 4 pertama yang ada di Bukittinggi. Inilah sebagian dari teman-teman sebanyak 140 dari Balikpapan dan 60 dari Jakarta.

DSC01564 DSC01252 DSC01261 DSC01327

Lembah Harau

Apakah ada yang lebih indah dari lembah Harau ?
Lembah Harau ada di Kota Payakumbuh, Lima Puluh Koto, dimana ngarai yang terbentuk dari pergeseran lempengan teknonik membelah gunung dan membuah sebuah lembah yang sangat cantik

Rumah Gadang, Sungai Beringin Payakumbuh

Rumah ini dibuat untuk menjaga tradisi dan keluhuran budaya Minangkabau. Seperti Native Village yang ada diluar neger
DSC01366 DSC01368 DSC01369 DSC01371

DSC01543Pertama-tama kita disambuat sebuah tarian menyambut tamu, setelah itu kami diperlihatkan kehidupan DSC01506sehari-hari kampung adat ini.Ada yang menempa besi, membuat tenunan, membuat makanan tradisional dll, selain itu kita disiapkan makanan yang dimakan beramai-ramai dalam satu nampan, seperti yang biasa dilakukan masyarakat tradisional. Dan yang paling hebat adalah tarian piring, seumur-umur baru kali ini saya melihat tarian yang sangat lemah gemulai tetapi kemudian meloncat-loncat diatas beling piring.
Yappss "Melompat-Lompat", bagai anak kecil meloncat-loncat diatas kasur tempat tidur. Kalau melihat orang berjalan diatas beling atau bara, itu sudah biasa, tetapi kalau lompat-lompat baru kali ini saya melihatnya. Selain dari tari piring, kami disuguhkan Pencak Silat dan Prosesi Perkawinan adat Payakumbuh.

 

Lawang Park - Danau Maninjau

Hari ke 3 semua kegiatan dilakukan di Lawang Park di puncak gn Tinjau, dimana dari lokasi ini kita bisa melihat seluruh pemandangan danau Maninjau yang sangat mempesona luar biasa indahnya. Kali ini saya melihat awan di bawah saya, hmmmm luar biasa khan ...?
Seluruh peserta dibagi menjadi 3 kelompok

  • Kelompok 1 adalah tracking jarak jauh, dengan jarak tempuh sekitar 4 sd 5 jam dan dapat melihat sekitar 6 air terjun
  • Kelompok 2 adalah tracking jarak dekat, hanya menempuh waktu sekitar 3 jam maksimum.
  • Kelompok 3 adalah penggemar perang-perangan dengan Paint Ball
Aku sendiri pilih kelompok 2, maklum tahu diri dengan sizeku ini.