Inilah perjalanan kami yang paling melelahkan.
Dengan konsep Backpacker, kita coba menjalaninya dengan jalan kaki, naik MRT dan naik Bus. Memang saat saya menghitung jarak semua point to point diatas MAP ( thanks Google Maps), kelihatannya tidak begitu ada masalah ... , dari hotel kita di Orchard Grand Court ke Sommerset MRT Station hanya 600m, kemudian turun dari station MRT ke station BUS, jaraknya hanya 300 m, paling jauh jarak yang di tempuh adalah jalan-jalan di sekitar Marina Bay, Esplenade dan Marlion Statue, bisa 1.5 km, tapi saat di lakoni Luaaarrr biasa capenya .. (maklum sudah tua dan gemuk lagi), akhirnya saya memutuskan perjalanan hari berikutnya kami naik taxi saja langsung dari depan hotel (he..he...he..)

Yang pasti Singapore adalah kota yang maju sekali, semua mobil dan motor menggunakan RFID, sehingga kalau lewat TOL atau Parkir semuanya otomatis tidak ada antrian bayar TOL .. Terus terang saya selama 4 hari di Singapore baru 1 kali melihat POLISI, itupun dia patroli, tidak ada yang mengatur lalu lintas. Yang pasti uncompare lah ..

DSC04580DSC04562

Kami menginap di hotel  Orchard Grand Court  di Killiney Road 131, tidak terlalu jauh dengan Orchard Road dan Station MRT Sommeset. Tempatnya bersih dan kamarnya juga ada akses internet, sehingga download email tidak ada kesulitan. Dengan fasilitas kolam renang dan Gym, tempat ini menjadi tempat yang menyenangkan untuk beristirahat.

Asiknya lagi di depan hotel ada restaurant Muslim "Bismilah", jadi kita tidak begitu kesulitan untuk makan malam. Dengan menu India Muslim seperti Murtabak (bukan Martabak), ada Prata dengan Kare, ada Nasi Goreng Kambing dll, harganya cuman 3 S$ , itupun bisa makan berdua.

 

Hari 1 : Science Center - Singapore Flyer

Setelah masuk hotel kami berkumpul di Lucky Plaza sekaligus makan siang. Inilah tempat dimana Gayus (oknum Pajak) yang di tangkap KPK, tempatnya luar biasa ramai, sehingga saya kagum juga apabila Gayus bisa di tangkap dengan cara unik seperti yang diberitakan.
Kami memulai perjalanan dengan berangkat dengan menggunakan MRT, dengan ticket CEPAS seharga 15 S$ kita bisa memakai angkutan umum MRT dan BUS selama 3 hari sepuas-puasnya. 
Di Science Center sebenarnya ini adalah sarana Belajar sambil bermain bagi anak-anak. Ada taman kinetik, ada ruangan suara dan frequency dll yang sangat luar biasa. Disini semua alat peraga bisa di coba-coba oleh anak-anak termasuk saya orang dewasa. Aku jadi teringat Laboratorium FISIKA DASAR waktu kuliah dibuat seperti anak SD disini.
Selain sarana peraga ilmu pengetahuan kita sempatkan untuk menonton di bioskop IMAX sama seperti yang ada di TMII Theater Keong Mas. Tapi kebanyakan pada tertidur lelap karena kecapaian berjalan ... 

Hari 2 : Marina Bay Sand - Jurong Bird Park - Esplenade

Hari ke 2 sudah agak lega, karena kita berpisah dengan team Backpacker dan kita memilih rute sendiri yaitu ke Jurong Bird Park dan ke Marina Bay utk melihat Esplenade dan Marlion Statue dengan Taxi tentunya.
Sebelum kami menuju ke Jurong Bird Park, kita smpatkan melihat gedung yang paling spektakuler dari segi design, yaitu Marina Bay Sand.
Design 3 gedung pencakar langit dan diatasnya ada sebuah kapal tidak terbayangkan bagaimana ide itu ada di kepala arsitekturnya, tapi isinya adalah CASINO alias tempat judi, tapi selain itu ada Mal nya walaupun tidak semuanya sudah buka, karena ini adalah gedung baru, dan juga ada hotelnya.

Setelah itu kita langsung ke JURONG BIRD PARK, taman burung yang sudah seperti hutan di tengah kota, saya sedih melihat burung Enggang yang menjadi simbol pulau Kalimantan, terawat dengan baik dan dikembang biakkan. Untuk menjelajahinya kami menggunakan monorel yang hanya di layanani oleh satu orang saja (sangat efisien).
Yang pasti ada beberapa cluster yang semuanya terkoneksi dengan Monorail.

Terakhir kita pergi ketempat iconnya kota Singapore yaitu MERLION, sebenarnya ada tiruannya Merlion di Bontang yang membuat kita tersenyum setiap melihat patung ini.
Esplanade berseberangan dengan Merlion Statue, tapi kita cukup berjalan kaki menyeberangi jembatan untuk mencapai kedua tempat 


Hari ke 3 : Universal Studio Singapore

Inilah tempat yang paling istimewa incaran para wisatawan regional. Sejak pagi sampai sore waktu tidak cukup untuk meliputi semua tempat bermain.
Terletak di pulau Sentosa, ada beberapa cara menuju kesana, yang pasti gate nya ada di Vivocity, tapi kita memakai Bus yang sudah di sediakan oleh Hotel, sehingga kita bisa langsung diantar ke USS

Ada yang unik di USS ini, yaitu dari harga tiket, kita dapat voucher untuk makan siang sebesar S$ 5 dan untuk gift dengan nilai yang sama, jadi untuk makan kita sudah dapat berhemat 5 $S.
Tempat pertama yang kita kunjungi adalah Far Far Away, tempatnya si Shrek. Pertunjukannya adalah pertunjukan 4D, artinya filem 3D + suasana asli, seperti kursi yang bergoyang mengikuti alur cerita dan jika kita disemprot oleh ludah si dragon, maka kita akan kecipratan air, dan saat kita diserang oleh laba-laba maka kaki kita seperti diserbu laba-laba, dan juga ada angin yang bertiup.

Ada beberapa catatan penting setelah kita menikmati USS

  1. Beli tiket masuk USS di Jakarta atau online, karena di USS pengunjung dibatasi, jadi kalau sudah penuh maka pintu masuk di tutup.
  2. Usahakan menggunakan tas yang ada rodanya, ini bisa berguna untuk membawa perbekalan kita agar tidak capek, yang pasti kita akan direpotkan oleh banyak tentengan jika tidak memiliki tas dengan roda seperti yg dimaksud.
  3. Kalau ada uang lebih, sebaiknya beli tike Universal Express. Setiap tempat permainan antriannya panjang, tetapi dengan memakai karcis Universal Express makan kita akan dapat previlage jalur khusus yang tidak nganntreeee .