Kejadiannya adalah saat pagi hendak berangkat kantor. Sambil menunggu istriku siap berangkat saat menonton TV, mendadak kepalaku pusing, langsung keringat dingin keluar bagaikan air bah dan muntah-muntah ...
Aku sendiri tidak tahu ada apa ini ... ? aku coba baringkan badan dan istirahat, tapi hanya sebentar. Isi perutku langsung keluar lagi ...
Tidak sanggup berdiri, tidak sanggup membuka mata aku paksakan berjalan ke mobil dan diantar istriku ke RS Siloam Balikpapan.
Ternyata aku VERTIGO ..
Dalam artikel ini saya akan jelaskan pemahaman yang saya dapatkan dari dokter dan juga dari beberapa orang dekat saya yang pernah mengalaminya, jadi pembahasan dalam artikel ini sangat umum tidak terlalu dalam

Apa itu Vertigo ...??
Ternyata hanya masalah keseimbangan dalam diri kita .. ada 3 instrument atau organ tubuh kita yang berhubungan dengan kesimbangan, yaitu MATA, TELINGA dan SYARAF BELAKANG ..
Tapi katanya sih yang paling banyak penyebabnya adalah gangguan keseimbangan pada telinga ..
Coba lihat gambar dibawah, di telinga ada 2 bagian penting yang saling berhubungan yg bisa mengganggu keseimbangan ..
Pertama yang seperti rumah keong adalah Geriscope alat penyeimbang, di canal-canal ada cairan seperti waterpass yang menunjukkan posisi kita miring atau tidak, informasi kemiringan ini yang dibawa ke otak kita untuk memerintahkan tubuh menyeimbangkan diri ..
Kedua, adalah syaraf yang namanya Veribular Nerve, ini adalah kabel yang menyampaikan informasi keseimbangan ke otak kita ..

Vertigo 01 Vertigo 02 Vertigo 03

Ada banyak jenis Vertigo, sepertinya yang paling umum adalah

  1. Vertigo Vestibuler .
    Ini adalah Vertigo karena syaraf keseimbangan di telingan yaitu syaraf Vestibulokoklear, gangguan syaraf Vestibuler ini dapat karena lelah secara fisik atau mental.
  2. Vertigo Posisi Jinak (Benign Parosismal Positional Vertigo).
    Seperti Geriskop yang mengatur keseimbangan pada sebuah alat, apabila salah satu canal bagian dalam kemasukan partikel kalsium, maka terganggulah keseimbangan kita.
  3. dll

Nah ini ada beberapa gerakan yang mengindikasikan kita Vertigo, gerakan ini juga kata dokter penting untuk mengkalibrasi lagi alat keseimbangan kita, kalau pusing-pusing dikit, hajar saja ... hehehehe ..

vertigo 11 Vertigo 05

Apa obatnya ... ???
Nah ini yang susah ..., kebanyakan obat Vertigo adalah obat penenang, dan obat untuk menahan mual ... jadi bingung juga kalau mau cari obat farmasi yang khusus untuk vertigo

Kesimpulan :

  1. Dalam 1 minggu terakhir memang ada peningkatan aktifitas seperti pergi ke Samarinda dan main tenis meja yang agak di forsir, sehingga ada kemungkinan kelelahan .. Kelelahan ini menganggu fungsi Syaraf Vertibular mengakibatkan Vertigo.
  2. Kemungkinan lain adalah dalam 2 hari terakhir saat saya kerja di kantor selama 10 jam, saya menggunakan earphone untuk memutar lagu agar tidak bosen saat bekerja. Mungkin "in ear headphone" ini menganggu fungsi gendang telinga dan geriskope saya. Seharusnya saya menggunakan Headphone bukan Earphone jika ingin mendengarkan lagu lebih dari 6 jam ..

Oke deh ... semoga tulisan sederhana ini tidak salah, karena saya berusaha informasi menterjemahkan Vertigo dengan cara saya sendiri ..
Tapi yang paling penting adalah, semoga tulisan ini bermanfaat.