Salah satu indikator kesehatan manusia adalah tekanan darah, dan tekanan darahku saat normal adalah 140/96 mmHg.blood-pressure-chart
Tekanan Darah menjadi perhatian saya, karena setiap ingin donor darah selalu dianggap tekanan darah saya tinggi.
Dulu-dulu tekanan darahku berada disekitar 120/110 - 90/80 mmHg, tetapi sekarang tekanan darahku berada disekitaran 140 mmHg, sedangkan jika habis melakukan aktifitas biasa maka tekanan darahku adalah 160 mmHg.
Karena hasil labku selalu bagus selama ini dimana tiga ukuran utama seperti Asam Urat, Kholesterol dan Tryglicerid selalu di range aman dan tidak pernah diatasnya, maka aku berpikir kalau tekanan darahku naik karena faktor U alias faktor usia atau bisa juga karena faktor obesitas.

Coba lihat tabel tekanan darah berhubungan dengan usia.
Untuk usiaku saat ini adalah 45th, maka seharusnya tekanan darah yang normal adalah 115/80 (min) 127/84 (avg) dan 139/88 (max).
Dan kelihatannya aku sudah masuk fase prehypertension. Tapi ada beberapa dokter yang menganggap kalau tekanan darah 120 sd 140 mmHg adalah masih dalam range normal

 Apa sih Tekanan Darah itu ?

Dari baca-baca di Wikipedia, maka tekanan darah adalah tekanan yang diterima pembuluh arteri darah saat jantung memompa darah keseluruh tubuh.
Angka pertama 140 dari teraan 140/96 mmHg berarti tekanan saat jantung memompa atau saat denyutan jantung yang disebut SISTOLE, sedangkan angka ke dua yaitu 96 adalah tekanan saat jantung beristirahat diantara denyutan yang disebut DIASTOLE.
Asumsikan kita sedang menyiram halaman kita dengan sebuah selang air, tekanan yang tinggi dapat merontokan kembang dan tanah, sedangkan tekanan air yang rendah tidak dapat mendistribukan air ketempat yang diinginkan.

Apa sih yang mempengaruhi tekanan darah .... ?

blood-pressure-chartTernyata ada 2 faktor, yaitu Psikologis (alias pikiran) dan faktor Fisik (atau tubuh).
Faktor Psikologis adalah stress, pikiran faktor Fisik misalnya usia, berat badan, keturuan sedankan fisik organ tubuh misalnya masalah kekentalan darah, kelainan organ tubuh jantung dan jalan darah, volume darah, denyut jantung dll.

Tekanan Darah Tinggi / Hypertensi (TDT)  

  • Efek TDT antara lain adalah stroke, serangan jantung, gagal jantung ada juga yang mengakibatkan kebutaan. Penyebabnya antara lain Jantung memompa lebih kuat, sehingga mengalirkan lebih banyak darah setiap detiknya, Arteri besar KAKU, sehingga menyebakan darah berjalan melalui media yang tidak lentur dan hal lain adalah semakin banyaknya cairan akibat ginjal tidak berhasil membuang sejumlah garam dan cairan dari dalam tubuh ?

Tekanan Darah Rendah / Hypotensi  (TDR)

  • Efek TDR adalah berkurangnya pasokan oksigen dan nutrisi ke otak yang biasanya cukup disuplai oleh darah, sehingga bisa mengakibatkan shock, pusing, mual . TDR bisa mengindikasikan kerusakan jantung, apakah karena masa otot jantung yang tidak bekerja secara maksimal atau karena ada kebocoran.

Apakah anda tahu bahwa GINJAL adalah organ tubuh yang sangat berpengaruh dengan tekanan darah .... ?

Jika ginjal tidak membuang cairan dalam darah yang sudah tidak berguna lagi maka cairan darah akan semakin banyak dan menyebabkan Tekanan Darah menjadi NAIK.Sedangkan jika GINJAL membuang cairan yang ada pada darah lebih banyak, maka volume cairan di pembuluh darah akan berkurang sehingga menyebabkan TEKANAN DARAH menjadi TURUN.

Untuk menurunkan tekanan darah ada beberapa obat tradisional

  • Seledri, tidak boleh lebih dari 1-10 gr perhari, bisa menyebakan hypotens.
  • Bawang Putih, (tidak boleh lebih dari 3-5 siung perhari).
  • Rosela

Saran-Saran

  • Kita harus memonitor tekanan darah kita secara rutin, sebab dengan data itu kita tahu kwalitas kesehatan dan mengantisipasi kemuingkinan kerusakan organ tubuh akibat tekanan darah. Kelihatannya sangat sepele, tetapi ini bagaikan fenomena Puncak Gunung Es, dimana kita santai melihat puncak gunung yang tidak besar, tetapi ternyata dibawahnya yang tidak kelihatan menyimpan bom waktu yang setiap saat bisa meledak
  • Jagalah kebugaran tubuh dan berat badan, maka kerja jantung akan proporsional / wajar.