Meniscus Knee, bahasa Indonesianya adalah bantalan sendi.

Knee Anatomy-2Anatomi Lutut.
Terletak diantara tulang FEMUR (tulang paha) dan tulang TIBIA (tulang kering), membuat sambungan 2 tulang ini menjadi sangat penting dalam kehidupan manusia, Satu lagi tulang yang ada pada latutu adalah tulang tempurung (PATELA).
Bantalan Tulang Lutut disebut Meniscus, berbentuk seperti huruf C, Meniscus adalah tulang rawan yang dapat menyerap gaya tumbuk antara Femur dan TIBIA, ada 2 meniscus pada lutut, satu diluar lutut dan satu didalam lutut.
Tentunya sendi ini tidak akan beguna jika tidak ada otot dan urat (Ligamen) yang menggerakkannya.
Kalau kita perhatikan konstuksi ini, sungguh luar biasa Allah SWT menciptakan konstruksi tubuh manusia sebegitu detail dan lengkap.

Cedera Meniscus.
Cedera Meniscus adalah robeknya Meniscus karena benturan yang luar biasa atau geseken akibat putaran pada lutut pada saat lutut mendapat beban.knee-joint
Ini adalah gambar berbagai cedera dari robeknya meniscus
Omong-omong santai, cedera meniscus masih lebih lumayan dibanding jika ada cedera putusnya urat yang menyambung 2 otot yang menggerakkan sendi tersebut, btw semuanya sama sakitnya saat di gunakan untuk berlari, naik turun tangga atau melompat.
Cedera Meniscus ini biasanya diakibatkan oleh olah raga seperti Sepak Bola atau Futsal, Badminton, , Basket, Bela Diri dan sebagian lagi oleh atlit lari, awalnya dirasakan seperti keseleo, walau sakit kaki tetap masih bisa dipakai berjalan, tetapi semakin lama kaki akan terasa sakit saat dipakai untuk naik turun tangga atau di pakai berlari. Untuk melihat rekonstruksi tulang bisa digunakan X-Ray, tetapi untuk melihat lebih detail hingga ke konstruksi Meniscus, X-Ray tidak dapat digunakan, tetapi di gunakan MRI .

 

Surgery / Operasi Rekonstruksi

Nah ini dia bagian yang paling seru, saat ini pembedahan lutut tidak lagi menakutkan secara physic, lutut hanya dibuat torehan kecil sebanyak 3 buah.

Surgery02

Arthroscopy artinya adalah teropong, jadi untuk operasi ini hanya dibutuhkan 3 sayatan selebar 3 sd 5 cm dan memasukkan alat. Yang satu untuk mengintip dan alat yang lain adalah instrumen bedahnya.

TIndakan pada operasi bisa membersihkan tulang rawan yang terpecah-pecah, memperbaiki ligamen atau tindakan lainnya yang dianggap perlu.
Operasi Arthroscopy Debridement adalah tindakan operasi Meniscus dengan membuang cabikan meniscus yang rusak dan memperbaiki permukaan sendi yang kasar akibat gesekan. Debris adalah istilah untuk puing-puing, reruntuhan.

Comments   

+1 #1 akbar 2013-11-20 04:46
Apakah Cedera Meniscus harus selalu diperbaiki dengan jalan operasi?
Apakah ada alternatif lain selain operasi? Mungkin mengkonsumsi obat.
Kemudian mungkinkah Cedera Meniscus akan otomatis sembuh sendiri?
Terimkasih