Loksado, berada di pegunungan Meratus, Kalimantan Selatan, tepatnya ada di Kab Hulu Sungai Selatan.DSC06178
Perjalanan dari kota Kandangan masuk ke Loksado hanya sekitar 30 km yang di tempuh dalam waktu 45 menit, dan sepanjang perjalanan kami di suguhi pemandangan yang luar biasa indahnya. Hutan di kiri dan kanan jalan dengan background Gn. Meratus menjadi lukisan alam yang tidak ada habisnya kami nikmati.

Di Loksado kami menginap di Wisma Loksado, dengan pertimbangan tempat yang relatif nyaman untuk istirahat setelah perjalanan jauh. Kami tidak menyangka bahwa wisma Loksado berada tepat di sebuah pulau di tengah sungai Amandit, sehingga setelah memarkir kendaraan di depan perumahan pendudukan kami harus melewati jembatan gantung menuju wisma.

DSC06219DSC06560Setelah cukup 1 jam beristirahat, kami di informasikan bahwa rakit sudah siap untuk mengarungi sungai Amandit.
Dengan 2 rakit bambu, kami mengarungi S. Amandit yang sangat bersih, Baru kali ini saya rasakan sensasi rakit bambu, yang ternyata menurut saya lebih aman dari perahu karet yang biasa di pakai saat arum jeram.

Air sama sekali tidak ditahan oleh bambu, tetapi dilewati melalui kisi-kisi ikatan bambu tersebut. Sedangkan panjang rakit mampu membuat keseimbangan dalam membelah ombak. Ikatan bambu yang juga terbuat dari buluh bambu membuat rakit semakin kuat saat kena air.

Coba lihat arus yang sangat mengasyikkan itu, dan 3 wanita cantik yang ada diatasnya sangat menikmati trip rafting ini. 

Saran untuk teman-teman yang mau berwisata arum jeram ini adalah bawa sendiri pelampung, karena pelampung yang disiapkan hanya berjumlah 9 pelampung, sehingga jika ada peserta lain ada kemungkinan kita tidak mendapat pelampung.