Derawan ... Exotic ... Fantastic...
Itu adalah kalimat yang paling cocok untuk Derawan.

Perjalanan Menuju ke Derawan :

Kami awali rencana ke Derawan setelah mencari di internet travel agent yang bisa mengurus kami ke Derawan, karena kalau kami berangkat hanya bertiga, ongkos perjalanan akan lebih mahal. Ada beberapa Travel yang kami hubungi, tapi yang memberikan respond atas pertanyaan-pertanyaan kami hanya Dezwan Tour and Travel yang di pimpin oleh pak Wandi ..
Berangkat dari Sepinggan Airport menuju Bandara Int Juwata Tarakan, kami langsung di jemput untuk diantar makan siang dan menuju pelabuhan Tangkayu Tarakan bergabung dengan traveler lain dari Jakarta.
DSC01672 DSC07237 DSC07261

Di Derawan, kegiatannya adalah melihat penyu bertelur kemudian sunset di dermaga, kemudian snorkling di Pulau Maratua, Pulau Kakaban dan Pulau Sangalaki.
Pulau Kakaban adalah yang paling spesial, karena disini pulau tersebut adalah atol karang, dimana ada danau yang terperangkap ditengah pulau dan didanau tersebut ada Ubur-Ubur yang tidak berbahaya yang bisa menjadi teman berenang ..
Pulau lain yang spesial adalah pulau Sangalaki, karena disana ada tempat penelitian Penyu dari BPLH dan ada Manta atau Stingray yang juga bisa menjadi teman bermain saat snorkling

Waktu tempuh naik speed boat dari Pelabuhan Tangkayu sampai ke Pulau Derawan hanya 2.5 jam, mungkin agak lama, tetapi memandang laut biru dan udara yang segar sangat memacu adrenalin kami karena tidak sabar sampai di tujuan.
Inilah Pulau Derawan ..

Penginapan kami adalah Pelangi Cottage, dimana cottage itu menjorok ke laut dengan fasilitas ac dan kamar mandi sendiri, dimana saat pagi nampak Penyu besar yang sedang berenang.
Inilah sunset yang saya dapatkan di Pulau Derawan


Wisata Bahari, tentunya dekat dengan air ... tentunya tidak lepas dari berenang dan dengan bonus kegiatan snorkling, maka inilah kegiatan air kami


Ternyata perjalanan kami penuh dengan warna pengetahuan, termasuk kami melihat Bekantan di Mangrove Tarakan