nfclogoNear Field Communication (NFC) adalah cara berkomunikasi antara 2 gadget atau gadget dengan sebuah Tag dimana gadget/tag tersebut saling berdekatan dgn jarak sekitar 5 cm, maka mereka akan saling mengenalinya dan langsung memberikan instruksi kepada gadget untuk melakukan satu atau sekumpulan perintah.

Contoh yang sederhana dulu.
Saya pasang sebuah Tag NFC di mobil saya seperti dalam gambar.
Jika saya mendekatkan Handphone saya ke Tag tersebut, maka HP saya akan melakukan beberapa tugas seperti mematikan Wifi, menjalankan bluetooth dan mengkoneksikannya ke HU mobil untuk dapat menggantikan fungsi Headset. Kita tahukan kita dilarang menggunakan HP saat berkendara,

Berawal dari ide membuat RT/RW net, kemudian berkembang dan terus berkembang sehingga saya sendiri pusing untuk mendokumentasikannya ...
pada dasarnya jaringan di rumah dibuat saat saya akan membagi akses internet ke beberapa point.

1st Gateway

Berawal dari Speedy Telkom, akses internet saya masukan ke dalam Router Mikrotik RB750.
Pertanyaan awal adalah kenapa pakai Mikrotik ... ? alasan utamanya adalah bagaimana kita menshare semua user atau gateway dengan adil, sehingga tidak ada user lain yang menjadi lambat karena salah seorang user sedang download filem DVD (misalnya).
Dari Router Mikrotik RB 750 ini akses internet di share kedalam rumah dan kepara tetangga, juga ke dalam rumah.
Ke tetangga kami pak Eba dan pak Maarif, koneksi yang digunakan adalah menggunakan kabel UTP Balkn langsung dari mikrotik, karena jaraknya cuma sebelahan rumah. Dan di rumah mereka di pasang di Akses Point Wireless, sehingga setiap computer bisa langsung terkoneksi.

2nd Gateway

Gateway ini adalah gateway yang menggunakan HotSpot Akses Point Ubiquity yang bisa memancar sampai 5km, tetapi aku pasang hanya 1 km saja, karena pelanggan paling jauh sudah berhenti.
Sebenarnya ini adalah Wifi Akses Point ku yang ke 2, karena yang pertama rusak tersambar petir
Sekarang pelanggan yang menggunakan akses ini adalah pak Deden.

Inhouse

Untuk jaringan dalam rumah, masih ada port yang tersisa di Mikrotik dan saya masukkan kedalan Akses Point yang ada di ruang tamu, sehingga Bunga tetap dapat mengakses internet di kamarnya dan Bunda tetap bisa mengakses internet di kamar.
Selain ini dari Mikrotik saya masih kekurangan HUB untuk mengelola jaringan, sehingga saya memasang kembali switch hub yang mana salah satunya untuk share printer dengan menggunakan printer server tp link. Ini dipakai untuk memaksimalkan fungsi printer agar setiap komputer bisa menggunakan 1 printer yang sama.

Sebenarnya ini masih bisa dikembangkan lagi, tetapi nunggu pelanggan internetku bertambah minimal 10 orang, sehingga jaringan ini bisa di kembangkan.